Iklan

10 Rahasia Cara Memilih Durian Matang, Manis, Enak Dan Berdaging Tebal!

harga-promo
7/31/2020, 00.46 WIB Last Updated 2020-07-31T04:59:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Tips Cara Memilih Durian
10 Rahasia Cara Memilih Durian Matang, Manis, Enak Dan Berdaging Tebal!

Cara Memilih Durian Matang Dan Manis. Sebenarnya saat akan membeli buah durian (duren) matang, cukuplah mudah caranya. Tak perlu repot dan hanya cukup meminta tolong pilihkan pada si penjualnya. Maka setelah itu selesai sudah kan urusannya.

Namun buat saya pribadi atau juga dari kalangan penggila duren yang lain tentunya mempunyai pandangan berbeda. Puas rasanya, bila mana kita berhasil memilih buah durian yang matang dari hasil carian sendiri. Dan selain itu justru di sinilah letak dari ritual dan bagian seni membeli duren, sesungguhnya...haha

Nah buat para sobat cb yang kebetulan gemar makan durian, dan tengah mencari tahu Tips atau cara paling mudah, paling jos deh pokoknya dalam memilih Durian yang Matang. Karenanya carabuka.com sengaja hadirkan di sini. Besar harapannya semoga dapat berguna dan bisa menjadi referensi saat anda hendak mencobanya.

Tips dan Cara Memilih Durian Matang


1. Warna Kulit Tidak Jaminan

Cara atau Tips yang pertama yang admin akan sampaikan, dimulai dari warna kulit durian. Karena kebanyakan orang berasumsi kalau durian yang telah memiliki kulit berwarna kuninglah yang selalu dianggap pasti matang dan manis.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 1

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 2
Terlihat Durian Berkulit Hijau memiliki daging berwarna lebih kuning dan tebal

Padahal durian berkulit hijau pun, banyak ditemukan jauh lebih manis, enak dan dagingnya sangat legit. Bahkan jauh bila dibandingkan dengan durian berkulit kuning.

Jadi untuk warna kulit tidak selalu menjamin kalau durian tersebut berkualitas, anda bisa abaikan ya.

2. Pilihlah Durian Bulat

Cara dan Tips Kedua adalah bentuk dari buah durian yang nantinya akan kita beli. Karena memang durian yang dijual di pedagang kaki lima atau pasar swalayan memiliki bentuk bermacam - macam.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 4

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 5
Durian dengan bentuk bulat lebih banyak isi daging buahnya

Ada yang lonjong dan juga ada yang bulat. Dalam hal ini, anda tidak perlu ragu lagi harus memilih durian yang bentuknya bulat, karena duren dengan bentuk bulat dapat di pastikan kulitnya tipis dan daging buahnya tebal.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 6
Durian bentuk lonjong, isi dagingnya tidak sebanyak durian bulat

Sebaliknya, jangan memilih durian yang berbentuk lonjong, karena duren dengan bentuk seperti itu, biasanya cuma tebal di kulit dan pastinya dagingnya sedikit.

3. Perhatikan Durian lewat Tangkainya!

Sebagai orang hanya berfokus pada ukuran dan aroma duriannya saja. Padahal dibalik itu ada Tips Jitu untuk mendapatkan buah durian berdaging tebal dan banyak.

Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menandakan isi buah tersebut banyak dan tebal.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 7

Sedangkan untuk durian yang memiliki tangkai ramping dan panjang merupakan petunjuk bahwa buah durian tersebut memiliki daging buah sedikit dan tidak tebal.

4. Cium Bau / Aroma Durian

Yang satu ini adalah cara memilih durian yang sudah hampir semua dilakukan pembeli. Memang benar jika aroma durian menentukan kualitas daging durian.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 8

Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging berwarna kuning dan manis. Jadi anda tidak perlu bersusah payah membelah, jika ingin mencium aroma tersebut.

Cukup angkat buah durian lalu dekatkan kehidung anda. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang amat khas. Meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya.

Baca Juga: Cara Memilih Salak

5. Cermati Bentuk Durinya

Warna kuning agak tua pada kulit tidak selalu menjamin durian itu matang. Bahkan warna kuning agak kehijauan pun bisa matang bila kita mengetahui tehknik dalam memilihnya. Langkah itu kita bisa lakukan dengan mencermati bentuk durinya.

Durian yang memiliki duri pendek dan jarang menandakan durian tersebut tebal dagingnya. Sedangkan untuk durian yang memiliki duri panjang dan rapat menandakan durian tersebut dagingnya sedikit.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 9

Untuk memastikan kalau durian itu sudah matang atau belum, caranya adalah cukup menekan bagian kulit yang jarang di tumbuhi duri, dengan menggunakan ibu jari (jempol) anda.

Bila di rasakan empuk atau membal di permukaan yang kita tekan tadi, dapat di pastikan duren sudah dalam kondisi matang. Dan bila mana sebaliknya (atau masih keras) maka durian itu menandakan masih mentah, gimana mudah kan.

6. Pilih Durian Yang Enteng Bobotnya.

Semakin berat buah durian mungkin akan semakin banyak isinya. Beberapa orang awam tentu akan berpikiran seperti ini. Dan memilih buah durian dengan bobot yang lebih berat. Harapannya akan mendapatkan buah durian dengan daging lebih melimpah.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 10

Sayangnya, cara memilih durian yang tepat justru adalah memilih buah durian yang lebih ringan. Semakin berat buah durian maka itu menunjukan bahwa biji buahnya sangat besar. Semakin besar biji buahnya tentu saja daging buahnya semakin tipis.

Jadi jika ingin mendapatkan buah durian dengan daging banyak, carilah buah durian yang berbobot ringan.

7. Ketuk - Ketuk Buah Durian

Ciri - ciri durian matang bisa diketahui ketika anda mengetuk buah durian tersebut. Mintalah alat ketuk atau pisau kepada penjualnya.
Ketika buah diketuk anda harus ekstra mengerahkan indera pendengaran untuk mencermati bunyinya.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 11

Durian yang belum matang akan berbunyi nyaring seperti Plek... Plek jika diketuk. Akan tetapi jika durian yang kamu pilih sudah matang akan terdengar sedikit berat dan terendam seperti Buk.. Buk..

8. Jangan Beli Durian Yang Kulitnya Terbuka.

Banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya.

Mereka berpikir bahwa membeli buah durian sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya. Mungkin anda bisa mendapatkan buah durian dengan warna berkuning jika membeli durian yang kulitnya sudah terbuka.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 12

Tapi percaya deh, lebih mantap dan lebih manis jika anda membeli durian yang kulitnya masih tertutup rapat.

Karena ternyata bukan hanya orang saja yang bisa masuk angin, namun hal itupun bisa pula di istilahkan dengan buah durian. Umumnya Durian yang sudah terbuka bagian kulitnya.

Nantinya bakal berpengaruh ke aroma rasanya, manis sih tetep terasa. Namun tingkat kesegaran dan rasa legitnya itu loh yang gak akan kita dapatkan.

Baca Juga: Cara Memilih Semangka

9. Perhatikan Kulit Durian

Janganlah memilih apalagi sampai membeli buah durian yang kulitnya berlubang. Karena buah seperti ini sudah pasti' kan terdapat ulat duren di dalamnya. 

10. Congkel Ujung Durian

Cara sederhana lain yang bisa di lakukan yaitu dengan menggunakan bantuan sebilah pisau yang dapat anda pinjam dari si penjualnya. Dengan cara mengarahkan kebagian bawah buahnya, lalu kita congkel ujung bawahnya dan tak perlu sampai mengeluarkan tenaga ekstra.

Tips Cara Memilih Durian Matang dan Manis 13

Dan bila sudah tercongkel langsung terbuka (meletek) dengan mudah, pertanda buah durian itu sudah matang dan siap untuk di santapp.
Pada umumnya, memang durian jenis monthong Bangkok lah yang paling mudah untuk di cari bagian ruas garisnya. bila di bandingkan dengan jenis buah durian lokal.

Namun Anda tidak perlu ke Bangkok langsung lah cuma hanya untuk mencari Durian doang. Karena bulan September - Februari musimnya duren tiba, dimana para pedagang durian tradisoinal dan Supermarket juga banyak menjualnya. Selamat berduren ria. *yet.
Komentar

Tampilkan

Terkini