-->

Iklan

Hobi Membaca Modal Awal Yang Baik Untuk Si Anak

harga-promo
12/26/2012, 18.10 WIB Last Updated 2014-12-29T02:32:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
sejumlah koleksi majalah, sebagai bahan bacaan untuk mengisi waktu luangnya.sampai ia simpan dan jaga dengan baik,di lemari bukunya (Adin)


Hobi Membaca Modal Awal Yang Baik Untuk Si Anak. Flashback lagi di waktu kanak-kanak dulu,ketika orang tua (bapak) khususnya bila sudah menyuruh memegang buku,tak ada alasan buat ku untuk menunda waktu,walau di hati kecil agak sedikit menggerutu pada saat itu.Tercermin cerita,di sela waktu ku di saat membuka lembar demi lembar halaman buku,sementara di luar sana di depan pelataran rumah,teman-teman sebayaku sedang asyik bermain sambil bersenda dan bersorak ria,seolah menertawai waktu belajar ku,pertanda lengkap sudah penderitaan kala itu.

Karena konsekuennya,Beliau ikut membuka dan membaca salah satu koleksi buku andalan (Religi),sambil mengenakan kaca mata baca di tengah aktifitasnya.mau tak mau aku pun larut dalam suasana itu.
Hari terus berjalan,hingga saya yakini,sadari dan pahami kini,semata beliau melakukannya untuk ku lantaran karena sanking perhatian,sayang,dan ingin melihat anaknya maju.

Lain dulu lain sekarang,lain cerita lain permasalahan.Tapi tetep tidak menyimpang masih mempertahankan tujuan dan ending yang sama.
Dari tutur kisah lama di atas,bisa di artikan persis,bila saya memaksakan anak saya untuk membaca buku(belajar) hal serupa akan ia rasakan dengan apa yang saya alami ketika di masa kanak-kanak dulu.

Kebetulan kami berdua mempunyai hobi yang sama yakni membaca,kalau mamahnya hobi baca walau sekedar buku Resep masakan terkadang pula mengulang pelajaran yang di dapat dari tempat pengajiannya,saya sendiri suka baca cuma koran (bertajuk apa saja)tidak mesti harus terbitan baru,bila kepepet koran lawas alias bekas pun jadi,sekedar untuk mengisi kekosongan waktu,dan bermaksud menanamkan benih minat baca di luar sekolah.Karena sudah menjadi hal yang biasa.Alhamdulillah hal itu pun menular ke Adin anak saya,atau karena mungkin ia sudah teradiasi kebiasaan kedua orang terdekatnya.

Setiap orang tua tentu mendambakan putra putrinya giat dalam belajar,hingga menjadi anak yang cerdas,pintar dan di harapkan.Karena berawal dari senang/hobi membaca,menjadi modal awal yang baik untuk masuk ke aktifitas belajar selanjutnya untuk mereka.Namun di akui tidak mudah memang,
mengingat akan jamannya seperti saat sekarang ini.Di mana waktu mereka selama hampir (24jam)di habiskan dengan hal-hal yang justru mereka jauh dari kegiatan belajar.

Bermain game baik online atau lewat sarana media lain,browsing,sosial media (internet) belum lagi di tambah dengan suguhan dari acara favorit mereka lewat televisi yang tidak habis-habis jam tayangnya.
Semakin di larang semakin mereka ingin lepas,semakin kita keras semakin mereka menjauh.Dan bila di biarkan akan lebih parah dan tak terarah lagi keadaannya.

Di sinilah sumbangsih dan peran aktif dari orang tua dalam menghadapi tantangan ini.Tentunya kita tidak bisa menyamakan keadaan itu dengan jaman 10-20 tahun sebelumnya.
Ciptakan lobi-lobi (pendekatan),komunikasi yang santun dan pemberian contoh yang indah dari kedua orang tuanya,akan di anggap lebih menyenangkan dan dapat di terima oleh mereka.

Selain itu di perlukan ekstra kesabaran dan pengorbanan untuk mewujudkannya.
seperti peribahasa bisa karena biasa.itu menurut saya.Kalau menurut anda seperti apa wujud gambarannya?
Demikian Hobi Membaca Modal Awal Yang Baik Untuk Si Anak,sekedar mengulas bagian cerita kecil keluarga,semoga ada satu tetes manfaat,terima kasih.Sukses selalu untuk kita semua.*yet.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Bisnis

+