-->

Iklan

Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Telur

budi purnomo
3/10/2014, 12.00 WIB Last Updated 2014-03-10T05:02:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
 
Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Telur
Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Telur.Sama halnya dengan ikan,daging ,tahu dan juga tempe.Keberadaan telur pun merupakan salah satu pilihan makanan yang sering kita temui dalam setiap menu yang dihidangankan(baik saat ada di rumah maupun tengah mampir di sebuah warung makan).
Selain itu pula peranan telur di kenal penting,terutama sebagai bahan pelengkap dalam proses pembuatan beragam panganan cemilan seperti kue,roti atau jenis aneka makanan lainnya.
Dan mengingat telur sudah menjadi satu bahan makanan kebutuhan sehari-hari
.
Oleh karenanya di waktu hendak membeli,ada beberapa cara atau tips dalam memilah dan memilihnya.
Harapannya sudah pasti agar telur yang sudah kita bayar nanti berkualitas baik(fresh) dan layak di untuk di konsumsi,tentunya.

Tips saat di tempat belanja.
Warna kulit
Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Telur

Dalam hal ini pilihlah warna kulitnya yang berwarna coklat kemerahan(coklat tua),dan bila sudah seperti itu di jamin telur masih dalam kondisi segar.

Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Telur

Namun sebaliknya hindarilah memilih warna kulitnya yang terlihat coklat pucat atau condong keputihan.Di karenakan ciri tersebut pertanda usia telur sudah sekian hari lama terpajang.
Dan memang lewat cara ini lah yang terbilang sederhana dan paling mudah,namun demikian sudah sering teruji dan umumnya selalu berhasil.Antara memilih telur yang berkualitas baik dengan yang tidak.

Tekstur kulit
Cara sederhana lainnya dapat juga dengan memperhatikan permukaan di bagian kulit telurnya.
Bila saat di raba permukaannya agak terasa kasar,hal ini malah mencirikan telur dalam kondisi baru.Dan bila di rasa halus dan kulit telurnya nampak terlihat mengkilap justru menandakan sebaliknya.

Mengocok(mengerakan telur)
Di tips selanjutnya,anda bisa juga lakukan dengan cara mengocok telur keatas- kebawah atau kedepan- kebelakang deket dengan telinga.
Bila kondisi telur di rasa ada yang ikut bergerak di dalamnya atau terdengar suara,maka di simpulkan bagian kuning telur telah bergeser pisisinya bahkan rusak.Dan bila di gerakan tidak terdengar apa-apa malah mengisyaratkan telur tersebut dalam kondisi baik.

Jangan tergiur harga murah
Terkadang di temui di sejumlah pasar tradisional,penjual kerap menawarkan telur yang cangkangnya pecah atau retak.Dan harga yang diberikannya pun bisa selisih separuh dari harga normal.Hanya di kuatirkan mengingat keberadaannya telah tercampur dengan kotoran.Membuat kuman(bakteri) dapat lebih mudah masuk dari retakan dan celah pecahan kulitnya tadi.

Tips saat berada di rumah
Memasukan telur kedalam air

Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Telur

Cara lain yang tak kalah mudah,untuk mengetahui apakah sebutir telur masih berkulitas baik.Kita dapat mencoba memasukan telur ke dalam sebuah wadah yang berisikan air,(bisa menggunakan air biasa atau pun dingin)
Bila telur terlihat tenggelam pada posisi tidur menandakan telur masih baru dan fresh.Dan bila telur posisinya nampak berdiri menandakan usia telur sudah lebih dari seminggu.Dan jika anda menemui posisi telurnya mengapung atau mengambang,sudah di pastikan telur tersebut rusak atau malah busuk.

Menyimpan telur
Bila di niatkan menyimpannya untuk keperluan waktu yang agak lama anda dapat memasukankan telur kedalam lemari es,tentunya sangat di sarankan cangkang telur sudah di bersihkan terlebih dulu sebelumnya.
Namun jika untuk segera di buat masakan atau dalam waktu dekat di jadikan adonan pembuatan kue,bisa menyimpannya cukup di tempat biasa, atau meski mengandalkan suhu ruangan saja.*yet.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Bisnis

+