-->

Iklan

Tips Menyimpan Daging Kurban Di Perayaan Idul Adha Agar Tetap Awet dan Segar!

budi purnomo
7/31/2020, 00.30 WIB Last Updated 2020-07-30T17:30:11Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Tips Menyimpan Daging Kurban Di Perayaan Idul Adha Agar Tetap Awet dan Segar!
Tips Menyimpan Daging Kurban Di Perayaan Idul Adha Agar Tetap Awet dan Segar!

Tips Menyimpan Daging Qurban Di Idul Adha Agar Tetap Awet dan Segar - Perayaan Hari Raya Idul Adha, Memang Selalu indentik dengan pemotongan hewan Qurban. Mulai dari Kerbau, Sapi dan Kambing. Setelah hewan kurban selesai disembelih kemudian barulah dibagikan kepada warga / Masyarakat sekitar.

Jika tidak segera buru - buru diproses setelah dibagikan, segera harus disimpan dalam lemari es agar awet dan tetap fresh.

Namun, apakah ada batas waktu untuk menjaga daging di kulkas?

Pertama memeriksa kondisi kulkas Anda sebelum menyimpan daging untuk waktu lama

Agar kondisi tetap daging segar sampai kemudian diproses, Anda harus menyimpannya di dalam lemari es atau mungkin hanya membeku di freezer.

Namun, Anda perlu memeriksa kelayakan kulkas Anda pertama.

Baca Juga: Cara Memilih Salak

Bagaimana untuk mengetahui apakah kulkas Anda masih berfungsi dengan baik terlalu sederhana. Silahkan anda tes dan cermati makanan atau minuman yang anda taruh di freezer, misalnya es batu.

Jika es batu masih cenderung berair dan tidak mengeras setelah pembekuan lama, menandai freezer suhu cukup dingin untuk menjaga makanan dalam jangka panjang.

Hal ini penting karena makanan segar harus bertahan lebih lama dari seharusnya ketika beku.

Jika kondisi kulkas Anda tidak layak, makanan lebih mudah rusak karena suhu kurang dingin kulkas memungkinkan bakteri dan jamur bahwa makanan mencemari.

Namun bila kondisi Lemari Es atau Kulkas anda tidak ada masalah, anda dapat mengikuti Tips dan Cara Menyimpang Daging Kurban yang Benar:

Tips Menyimpan Daging Kurban


1. Daging Tidak Perlu Dicuci
Karena bila daging Sapi atau Kambing setelah dicuci, justru bakteri atau kuman dalam air akan mengendap kedalam serat daging. Anda bisa mencuci daging sampai bersih ketika akan mengolahnya.

2. Potong Daging
Potong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian. Selain memakan lebih sedikit tempat didalam kulkas. Cara ini memudahkan anda ketika akan mengolah daging. Jadi tinggal mengambil potongan daging yang akan dimasak.

3. Pisahkan Sesuai Jenis
Pisahkan daging tersebut sesuai jenisnya. Misalnya daging Sapi dan daging Kambing. Karena daging sapi akan tercemar dengan bau prengus dari daging kambing. Bakteri dari dua jenis daging inipun bisa saling berpindah.

4. Simpan Dalam Wadah Tertutip
Selain menggunakan wadah tertutup yang kedap udara. Anda dapat menggunakan kantong plastik berbahan food grade.

5. Perhatikan Suhu Kulkas
Simpan dikulkas bersuhu -18 ℃elcius. Dengan begitu, daging lebih cepat membeku dan bakteri didalamnya tidak akan bereaksi, ini akan membuat daging awet secaraalami dalam waktu lama.

Baca juga: Tempat Jual Tanaman Hias dan Batu Alam Termurah

Demikianlah uraian singkat tentang Tips Menyimpan Daging Qurban Di Idul Adha Agar Tetap Awet dan Segar! Semoga bermanfaat untuk anda semua. *yet.
Komentar

Tampilkan

Terkini